Ternak Kelinci, Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

CategoryPeluang Usaha
Seen69 times

Ternak kelinci menjadi salah satu usaha potensial dan memungkinkan untuk dikembangkan pada lahan terbatas atau pekarangan rumah sekalipun. Menjalankan bisnis ini juga tergolong tidak sulit. Sehingga cocok untuk anda jadikan bisnis utama maupun bisnis sampingan untuk menambah penghasilan.

Ternak Kelinci, Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

hobbyfarms.com

Peluang Usaha Ternak Kelinci

Banyak peternak yang memilih usaha ini karena perawatannya yang cukup mudah serta pakannya tidak sulit untuk didapatkan. Selain itu, hanya dengan modal yang kecil juga bisa anda gunakan untuk memulai bisnis ini. Dalam mengembangbiakan hewan ini yang paling penting adalah kebersihan kandang yang terjaga dengan baik serta pemberian pakan dalam jumlah cukup.

Beternak hewan ini anda bisa memilih untuk kelinci hias ataupun pedaging. Untuk kelinci hias paling banyak menggunakan jenis kelinci anggora dan kelinci satin. Sedangkan untuk pedagingnya kelinci flemish giant dan new zealand white.

Cara Memulai Beternak

Untuk beternak hewan ini sebenarnya tidak terlalu merepotkan. Asalkan anda dapat menjalankannya dengan baik, usaha ini mampu semakin berkembang dan memberi anda lebih banyak keuntungan. Berikut ini cara beternak yang dapat anda jadikan referensi, baik untuk kelinci hias maupun pedaging.

1. Menyiapkan Kandang

Memulai usaha ini yang pertama kali anda siapkan adalah kandang. Untuk kandang kelinci pada dasarnya ada dua yaitu kandang terbuka untuk kelinci berkeliaran. serta kandang tertutup untuk kelinci tidur atau berteduh, kandang ini juga ada dua tipe yaitu untuk proses perkawinan kelinci dan pembesaran.

2. Memilih Indukan

Pilihlah indukan atau bibit kelinci yang memiliki kualitas terbaik. Yaitu antaranya dengan kelinci yang memiliki riwayat kesehatan baik serta pengecekan rutin dari dokter hewan. Dengan memilih kelinci dengan punggung tidak cekung, pinggul bulat penuh, bulu bersih, dan terlihat sehat.

3. Memilih Pakan

Pakan kelinci juga perlu diperhatikan agar mampu berkembang dan tumbuh dengan sehat. Selain pakan utama anda juga perlu memberi pakan pelengkap seperti konsentrat dan vitamin. Saat ini pakan tersebut telah banyak dijual di toko-toko hewan.

4. Masa Reproduksi

Pada proses ini anda bisa memindahkan kelinci betina ke kandang kelinci jantan. Dan jika kelinci betina telah positif mengandung biasanya ditandai dengan perutnya yang besar dan nafsu makan bertambah.

Ketika tahapan ternak kelinci tersebut telah anda lakukan. Rawatlah kelinci dengan baik seperti pemberian nutrisi serta vitamin dan pembersihan kandang. Sehingga nantinya kelinci-kelinci tersebut dapat memiliki nilai jual yang tinggi.

tags: , , , ,
  • Ternak Kelinci, Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan