Strategi Mencari Pasar Ekspor Melalui Internet

CategoryPeluang Usaha
Seen81 times

Dalam situasi sekarang yang serba tak menentu, kita perlu mencari peluang sekecil apapun untuk bisa survive, salah satunya memanfaatkan pasar internasional sebagai tujuan pasar baru, atau pengembangan bisnis. Untuk itu perlu adanya Strategi Mencari Pasar Ekspor Melalui Internet guna memanfaatkan pasar internasional secara efektif dan efisien. Ini termasuk bagaimana mencari buyer luar negeri melalui berbagai macam cara seperti dari forum komunitas, dari marketplace internasional ataupun beberapa situs rujukan penting di internet seperti berikut ini:

Strategi-Mencari-Pasar-Ekspor-Melalui-Internet
Sebelum melakukan kegiatan ekspor, maka perlu dipersiapkan secara matang strategi yang akan digunakan. Hal ini diperlukan agar semua kegiatan bisa dilakukan secara terpadu dan tepat. Berikut ini faktor-faktor penting untuk diperhatikan secara teliti dan terperinci:

Menentukan Produk Ekspor

Pastikan bahwa produk merupakan unggulan serta banyak permintaan dari luar negeri. Komoditi primadona bagi pasar internasional, serta di dalam negeri mempunyai stok serta keunggulan tersendiri, guna masuk secara potensial ke pasar internaional. Untuk sementara ini, produk-produk unggulan tersebut diantaranya adalah batik, furniture, kerajinan tangan Indonesia misalnya terbuat dari bahan kulit. Tidak menutup kemungkinan akan muncul lagi produk-produk unggulan baru dan bisa bersaing

Mencari Negara Tujuan Ekspor

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mencari negara tujuan ekspor, tujuan produk-produk kita akan dikirimkan. Lagi-lagi membutuhkan riset yang tepat sesuai masing-masing kebutuhan akan produk tersebut. Secara umum, negara tujuan ekspor dari Indonesia adalah negara RRC (China), Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, India, Australia, Malaysia, Taiwan.

Mengetahui Kompetitor

Dalam bisnis tentunya ada kompetitor atau pesaing, baik dari domestik maupun negara lain. Agar kita tetap bersaing, maka perlu dianalisa secara komprehensif, kelebihan kekurangannya. Salah satunya menggunakan analisa SWOT (strength, weakness, opportunity dan threat). Dari analisa tersebut diharapkan bisa diambil langkah tepat serta terukur guna mencapai tujuan market yang kita inginkan. Analisa tersebut diantaranya mencakup kelengkapan, mutu, desain, harga, saluran distribusi ataupun lokasi, strategi promosi termasuk rencana ekspansi

Menentukan Harga Jual Ekspor

Setelah menemukan ceruk pasar serta jalur untuk ekspor, tentunya juga perlu menetukan harga jual ekspor, agar semua aktifitas yang telah dilakukan bisa mencapai tujuan akhir dari semua kegiatan bisnis, yaitu mendapatkan profit keuntungan. Menentukan harga jual ekspor disini, kita perlu menghitung semua komponen biaya, baik produk serta jasa layanan service kita. Untuk itu perlu ditentukan minimum order quantity, agar setiap pesanan bisa menghasilkan profit paling tidak dalam skala minimal sudah kita peroleh. Syarat-syarat pengiriman dan penyerahan barang juga harus jelas, termasuk ke negara mana kita ekspor juga perlu diketahui komponen biaya secara rinci termasuk kurs nya.

Mencari Buyer Melalui Media Sosial, Marketplace dan Database

Akhirnya, ujung kesimpulan dari semuanya, Strategi Mencari Pasar Ekspor Melalui Internet bisa dilakukan dengan cara melalui media sosial, marketplace atau database yang bisa kita peroleh dari berbagai sumber. Sosial media sekarang sudah sangat lengkap dan beragam, serta masing-masing sudah mengembangkan fitur bisnisnya, baik itu Facebook, Twitter sampai ke Instagram, bahkan whatsapp pun sekarang ada fitur untuk bisnis. Marketplace internasional pun sekarang juga sangat berpengaruh, oleh karenanya, bergabung dengan berbagai komunitas pasar internasional tentunya sangat bermanfaat untuk memperluas pasar ekspor. Selain itu kita juga memanfaatkan berbagai database untuk memperkuat referensi kita dalam menentukan pasar yang tepat serta pembeli terpercaya.

tags: , ,
  • Strategi Mencari Pasar Ekspor Melalui Internet