Peluang Usaha yang Cukup Menjanjikan di Era Pandemi

peluang-usaha
Peluang Usaha yang Cukup Menjanjikan di Era Pandemi – Sejak awal kemunculannya virus corona telah membuat kepanikan di semua lini masyarakat, dampak yang ditimbulkan oleh virus yang berasal dari China ini pun sangat terasa di banyak aspek kehidupan.

Tidak hanya menimbulkan banyak korban meninggal, tapi kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah yang berupa social distancing ataupun PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang memiliki tujuan untuk menekan penyebaran covid-19, telah membuat banyak bidang usaha mati kutu.

Dengan adanya PSBB tersebut membuat aktifitas semua orang jadi terbatas. Pasar, sekolah, dan tempat-tempat lain yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkerumun, ditutup sementara oleh pemerintah.

Pada akhirnya covid 19 telah menimbulkan kekacauan di bidang ekonomi, banyak usaha mikro maupun makro yang harus gulung tikar, wajar saja, karena hampir tak ada pemasukan yang didapat, sedangkan biaya operasional perusahaan harus terus berjalan.

Beberapa perusahaan yang sedikit beruntung dengan memiliki simpanan modal mungkin masih bertahan, dengan catatan mengurangi biaya operasional. Hal itu pada akhirnya juga akan berdampak pada nasib para perkerja.

Tidak sedikit tenaga kerja yang telah di PHK oleh perusahaan tempatnya berkerja dengan jumlah pesangon yang seadanya dan lebih banyak lagi dari mereka yang dirumahkan. Ini adalah kondisi dimana karyawan atau pekerja tidak diberhentikan namun juga tidak digaji.

Dalam hal ini ada beberapa usaha dan peluang usaha yang paling berdampak atas kemunculanya virus corona. Berikut adalah sektor usaha yang paling berdampak oleh kemunculan covid-19. Meliputi :

Sektor Usaha Apa Saja yang Paling Berdampak Oleh Kemunculan Virus Corona?

  • Maskapai Penerbangan

Dengan pemberlakuan yang diterapkan oleh pemerintah, banyak maskapai penerbangan yang berhenti beroperasi. Perjalanan dari dan ke luar negri dilarang untuk dilakukan, apapun alasannya. Sehingga hal itu membuat maskapai mengalami kerugian dan terpaksa mem-PHK atau pun merumahkan karyawannya.

  • Pariwisata dan Perhotelan

Sektor pariwasata dan perhotelan ibarat dua sisi mata uang, keduanya tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu, ketika sektor pariwisata ditutup umtuk mengantisipasi penyebaran covid 19, maka otomatis hotel pun akan ikut sepi.

Sebab, karena memang pengunjung hotel selain menginap karena alasan bisnis, sebagian besar dari mereka adalah wisatawan, baik asing maupun lokal. Oleh karena itu selama masa pandemi banyak hotel-hotel dan tempat wisata yang sepi lengang.

  • Wedding Otganizer

Adanya imbauan untuk tidak berkerumun membuat banyak rencana resepsi pernikahan harus dibatalkan. Atau setidaknya resepsi itu harus dilakukan dengan sangat sederhana. Hal ini membuat jasa wedding organizer tidak dibutuhkan.

Sehingga banyak dari mereka yang bergelut dibidang ini jadi menganggur, atau banting stir ke bidang lain untuk tetap bisa bertahan hidup. Masih banyak sektor-sektor usaha lain yang juga terdampak langsung oleh kemunculan covid-19 ini, yaitu diantaranya bidang properti, agen travel, perfilman, dan banyak lagi.

Bisa dikatakan hampir semua bidang usaha terdampak, oleh karena keuangan masyarakat di era pandemi ini makin tidak stabil. Namun ada beberapa bidang usaha yang bertahan atau bahkan diuntungkan dengan adanya covid 19 ini, dan bagi Anda yang sedang bingung mencari peluang usaha di era pandemi. Sebaiknya mulai mempertimbangkan usaha-usaha yang akan kami ulas berikut ini.

Apa saja peluang usaha yang cukup menjanjikan di era pandemi ini?

  • Perlengkapan Kesehatan

Semakin mewabahnya covid 19 ini semakin membuat masyarakat lebih berhati-hati dan cenderung peduli akan kesehatannya, tentunya tertular virus corona adalah hal yang paling kita hindari.

Anda bisa memulai bisnis dengan berjualan produk yang sangat dibutuhkan pada masa pandemi ini seperti misalnya sabun cair, hand sanitizer dan lain sebagainya. Produk kesehatan tersebut pasti akan laku keras. Terlebih jika Anda memberikan harga yang terbilang lebih murah dibanding yang lain.

  • Makanan Ringan

Penjualan makanan ringan homemade atau kita sebut cemilan, terbukti laku keras selama era pandemi. Terlebih makanan ringan dalam bentuk frozen food yang cenderung lebih praktis. Hal itu bisa jadi disebabkan oleh himbauan pemerintah agar masyarakat tetap di rumah saja, sekolah maupun bekerja juga harus dilakukan di rumah.

Sehingga hal itu menyebabkan kebosanan, dan ngemil adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan tersebut. Anda bisa berjualan makanan ringan ini secara online, tawarkan lewat media sosial, gunakan sistem delivery order sehingga bisa lebih menarik minat pembeli yang memang takut untuk keluar rumah.

  • Masker Kain

Produk yang satu ini sudah jelas menjadi salah satu yang paling di cari. Terlepas dari isu apakah masker kain dapat menahan virus atau tidak, faktanya masker kain masih banyak diburu oleh masyarakat.

Kewajiban untuk mengenakan masker di tempat-tempat umum membuat permintaan terhadap masker ini tak pernah berkurang. Selain itu masker kain juga dinilai lebih ekonomis, pemakaiannya bisa dilakukan berulang kali, kita hanya perlu mencucinya ulang.

Berbeda dengan masker kesehatan yang hanya bisa dipakai sekali lalu dibuang. Anda bisa memulai bisnis berjualan masker kain ini, baik secara online maupun offline, buatlah masker sekreatif mungkin, baik dari segi bentuk maupun warna usahakan terlihat menarik, agar orang terpikat untuk membelinya.

Hal yang lebih penting lagi, bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal, namun jangan salah, keuntungan yang bisa Anda dapat dengan berjualan masker kain ini terbilang cukup besar.

  • Pakaian

Meskipun daya beli masyarakat di era pandemi ini cenderung menurun, namun bukan berarti tak ada satupun yang mau membeli pakaian. Mau bagaimanapun pakaian tetap menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi.

Terlebih bagi mereka yang sangat pedulu terhadap penampilan, kebijakan untuk tetap berada di rumah tidak lantas membuat mereka malas mengurus diri, tampil fashionable akan selalu tetap diprioritaskan.

Apa lagi saat ini banyak media sosial yang membuat kita tetap bisa aktualisasi diri tanpa harus keluar rumah. Jika Anda berencana untuk usaha berjualan pakaian, sebaiknya lebih dulu Anda cari tahu apa tren pakaian yang paling banyak diminati saat ini.

Tentukan pangsa pasar, artinya pada siapa Anda akan menjual pakaian tersebut. Saat ini para pelajar bisa menjadi potensi besar untuk menjadi konsomen Anda. Dengan diberlakukannya sekolah sistem daring, maka uang jajan mereka tidak akan berkurang, dan itu tentunya akan mereka alihkan untuk sesuatu yang lain, membeli pakaian misalnya.

  • Tawarkan jasa

Banyak jasa yang bisa ditawarkan saat ini, seperti contohnya jasa guru privat. Bagi para orang tua yang sangat peduli pada pendidikan putra-putrinya, tentu akan merasa bahwa sistem belajar daring atau sekolah online kurang cukup maksimal untuk membuat anak paham akan materi pelajarannya.

Oleh karena itu tidak sedikit dari para orang tua ini yang mencari jasa guru les privat yang bisa datang ke tempat mereka, dan memberikan pembelajaran langsung pada putra-putrinya. Jasa-jasa lain yang bisa Anda tawarkan diantaranya seperti jasa tulis artikel, jasa translator dan jasa desain grafis, semua itu bisa dilakukan secara remote, tanpa harus keluar rumah. Bisa dilihat lebih lanjut penjelasannya pada link berikut ini:

        1. Jasa Penulis Artikel lepas online
        2. Jasa Translate Bahasa Inggris Indonesia dan Indonesia-Inggris
        3. Jasa Buat Website
        4. Jasa SEO (Search Engine Optimization)
        5. Jasa Desain Grafis
        6. Menjadi publisher Google Adsense
        7. Membuat jasa aplikasi android
        8. Bisnis Online Dropship
        9. Menjadi Youtuber, membuat materi tutorial
        10. Bisnis Reseller tanpa Modal
        11. Trading Forex
        12. Trading Saham
          Selain itu kita juga masing punya peluang usaha lain secara offline yang cukup menjanjikan untuk dilakukan selama masa pandemi covid 19 ini yaitu:
        13. Bisnis Frozen Food
        14. Bisnis Food Packaging
        15. Bisnis importir
        16. Bisnis eksportir
        17. Membuka usaha toko plastik
        18. Membuka usaha jual sembako online
        19. Menjadi agen batu alam
        20. Menjadi agen furniture
        21. Menjadi peternak kelinci

Masih banyak peluang yang bisa kita gali untuk bisa survive dan sukses selama masa pandemi ini, untuk itu kita harus tetap optimis serta terus berusaha secara optimal memanfaatkan peluang usaha ini.