Cara Registrasi dan Daftar Ulang Simpati

CategoryCara
Seen83 times

Cara Registrasi dan Daftar Ulang Simpati – Berdasarkan Peraturan Menkominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, setiap nomor kartu operator termasuk Telkomsel harus didaftarkan secara resmi sebelum bisa digunakan.

Baik nomor baru maupun nomor lama, semuanya wajib didaftarkan ke bank data pemerintah untuk menjamin perlindungan data konsumen. Telkomsel sebagai operator seluler paling populer di Indonesia juga mewajibkan setiap pelanggannya untuk melakukan registrasi.

Bagi pelanggan Telkomsel seperti kartu Simpati atau As yang belum melakukan registrasi, bisa melakukan registrasi dengan cara sebagai berikut:

Pelanggan lama

Melakukan registrasi ulang melalui SMS ke nomor 4444 dengan format ULANG <spasi>NIK#Nomor KK#.

Pelanggan baru

Sementara bagi pelanggan baru atau calon pelanggan Telkomsel, bisa mengirim ke nomor 4444 dengan format REG<spasi>NIK#KK#.

GraPARI virtual di aplikasi pesan instan dan aplikasi MyTelkomsel

Selain bisa melalui gerai GraPARI fisik terdekat, pelanggan juga bisa mengakses GraPari virtual Telkomsel melalui aplikasi pesan instan, yakni Line di akun @Telkomsel, Telegram di akun @Telkomsel_official_bot dan Facebook Messenger di akun @Telkomsel.

Dibantu oleh asisten digital Veronika, pelanggan akan diarahkan ke web registrasi Telkomsel.

Jika telah memiliki aplikasi Telkomsel, bisa juga melalui menu “Akun Saya”, gulir ke bawah lalu pilih “Registrasi Prabayar”.

Registrasi melalui web

Registrasi juga bisa dilakukan melalui situs registrasi Telkomsel di tautan berikut. Pelanggan bakal diminta data diri berupa nomor ponsel Telkomsel, NIK 16 digit, dan nomor KK 16 digit.

Cara mengetahui nomor Telkomsel yang sudah teregistrasi

Proses registrasi biasanya berlangsung paling lama 1×24 jam. Untuk mengetahui apakah registrasi berhasil dan nomor ponsel mana saja yang teregistrasi menggunakan NIK dan KK yang sama, bisa mengakses tautan berikut ini.

Layanan cek nomor ini juga dapat digunakan untuk memastikan tidak ada nomor ponsel tak dikenali yang menggunakan NIK-nya.

Jika masyarakat menemukan NIK miliknya digunakan nomor ponsel selain yang tak dikenal, masyarakat bisa datang langsung ke gerai GraPARI untuk melakukan UNREG.

tags: