Cara Budidaya Tanaman Hias Yang Baik dan Benar

CategoryBudidaya
Seen44 times

Cara Budidaya Tanaman Hias Yang Baik dan Benar – Menanam tanaman hias di pekarangan rumah memang membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman. Aneka jenis tanaman hias tidak hanya dapat ditanam di pekarangan rumah saja, bahkan Anda yang ingin menikmati keindahan tanaman hias ini dapat menanamnya di dalam ruangan sekalipun.

budidaya-tanaman-hias

© republika.co.id

Tahap Persiapan Dalam Membudidayakan Tanaman Hias

Tahap pertama yang dapat Anda lakukan untuk dapat membudidayakan tanaman hias adalah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Kebutuhan dalam membudidayakan tanaman hias ini meliputi pemilihan tanaman hias yang hendak dibudidayakan, peralatan dan perlengkapan untuk menanam serta merawat tanaman hias tersebut.

Memilih jenis tanaman hias

Pemilihan jenis tanaman hias yang akan dibudidayakan sangat penting, sebab setiap tanaman hias memerlukan perawatan dan kebutuhan masing-masing. Jenis tanaman hias sebenarnya sangat beragam, hanya saja Anda dapat memilih satu atau beberapa jenis tanaman hias saja untuk dibudidayakan.

Persiapan peralatan dan media tanam

Peralatan yang perlu disediakan untuk membudidayakan tanaman hias ini cukup sederhana, mulai dari pot (ukuran disesuaikan dengan jenis tanaman hias), sekop kecil, semprotan air, tanah atau media tanam lainnya (sesuai jenis tanaman hias), dan juga pupuk kompos. Selain peralatan di atas, Anda juga perlu memastikan ketersediaan air yang cukup untuk menyiram tanaman hias Anda.

Tahap penanaman tanaman hias

Tahap penanaman tanaman hias memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Maka dari itu Anda perlu memperhatikan pula jenis tanamannya, sebab setiap tanaman hias memiliki cara penanaman masing-masing. Hanya saja secara umum, Anda dapat menanam tanaman hias pada tempat yang telah disediakan.

Perawatan untuk tanaman hias

Setelah bibit tanaman hias yang Anda tanam dapat hidup dengan baik, Anda dapat melanjutkannya dengan perawatan intensif. Perawatan untuk menjaga kelangsungan hidup tanaman hias ini antara lain:

  • Penyiraman rutin. Tanaman hias dapat disiram secara rutin setiap hari untuk menjaga kebutuhan air tanaman hias dalam berfotosintesis. Intensitas penyiraman ini juga perlu disesuaikan dengan masing-masing jenis tanaman.
  • Pupuk dapat diberikan pada tanaman hias untuk membantu pertumbuhan tanaman hias. Anda dapat menggunakan pupuk kompos ataupun pupuk buatan pabrik sesuai kebutuhan
  • Pemberian pestisida dan insekstisida. Tanaman hias juga dapat terserang hama dan penyakit, sehingga Anda perlu memberikan pestisida atau insektisida sesuai dengan jenis hama atau penyakit yang menyerang tanaman hias tersebut.
tags: ,
  • Cara Budidaya Tanaman Hias Yang Baik dan Benar