Cara Budidaya Jamur Tiram

CategoryBudidaya
Seen51 times

Cara Budidaya Jamur Tiram – Kami telah memperkenalkan budidaya jamur sebagai suplemen nutrisi dan hasil bumi bagi masyarakat miskin yang tidak memiliki lahan. Jamur tiram adalah hasil panen tinggi, tanaman cepat tumbuh. Mereka dikenal membantu menurunkan kadar kolesterol dan merupakan sumber potasium, zat besi dan protein.

Instruksi ini memberikan panduan teknologi rendah langkah demi langkah untuk menumbuhkan pleurotus ostreatus (strain musim dingin) dan pleurotus pulmonarius (strain musim panas). Jamur tiram sangat toleran terhadap variasi suhu, kelembapan, tingkat cahaya, dan tingkat karbon dioksida, menjadikannya pilihan yang cocok untuk petani pemula.

budidaya-jamur-tiram

© pertanian.go.id

Kami akan membahas cara menanam jamur tiram & peralatan apa yang Anda perlukan di bawah ini, tetapi proses dasarnya cukup sederhana dan dapat dibagi menjadi 3 tahap utama:

1) Inokulasi

Bibit jamur tiram dicampur dengan bahan substrat (seringkali jerami atau serbuk gergaji, tetapi berbagai bahan lain juga dapat digunakan). Media tanam ini kemudian biasanya dimasukkan ke dalam kantong dengan lubang kecil atau saringan udara di dalamnya untuk pertukaran udara.

2) Inkubasi

Kantong kemudian ditempatkan di ruangan gelap yang hangat (20-24C / 68F-75F) untuk diinkubasi dan memulai fase pertumbuhan pertama. Hanya 10-14 hari yang dibutuhkan agar pemijahan dapat menumbuhkan jaringan penuh miselium seperti akar dan menjajah substrat yang sedang tumbuh. Miselium jamur tiram menjajah substrat jerami & ampas kopi.

3) Berbuah

Setelah media tumbuh sepenuhnya dikolonisasi oleh pemijahan, sekarang saatnya jamur mulai berbuah. Kantong terkena kondisi musim gugur dengan oksigen segar, kelembapan tinggi, cahaya rendah & suhu sering lebih dingin. Ini memberi sinyal ke miselium bahwa sudah waktunya untuk mulai memproduksi jamur dan pin kecil mulai muncul.

Diberi makan oleh air dan nutrisi dari miselium, pin kecil ini kemudian dengan cepat tumbuh dan berkembang menjadi jamur ukuran penuh hanya dalam 5-7 hari. Jamur tiram, siap panen baru 7 hari setelah mulai tumbuh dari kantong

Tanaman jamur dapat dipanen tiga kali sebelum miselium habis, dengan tanaman jamur baru muncul setiap 7-14 hari selama waktu ini.

Dengan kata lain, hanya membutuhkan waktu sekitar 5-8 minggu untuk menanam 3 tanaman jamur tiram dan semua ini dapat dilakukan dengan peralatan atau keahlian yang minimal. Itulah mengapa mereka sangat populer secara komersial dan juga bagi orang yang pertama kali menjelajah menanam jamur di rumah juga.

tags: , ,
  • Cara Budidaya Jamur Tiram