Bisnis Eksportir Menjanjikan, Inilah Persyaratan dan Cara Menjalankannya!

CategoryPeluang Usaha
Seen67 times

Bisnis ekspor impor barang bukan hal yang baru lagi di Indonesia. Tingginya kegiatan ekspor barang baik perusahaan besar maupun kecil mampu menciptakan peluang bisnis yang bagus, salah satunya bisnis eksportir ini. Bisnis ini menjadi salah satu peluang usaha yang bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Bisnis Eksportir Menjanjikan, Inilah Persyaratan dan Cara Menjalankannya!

aseanbriefing.com

Cara Menjalankan Bisnis Eksportir

Eksportir merupakan orang atau instansi yang melakukan aktivitas pengiriman komoditas menuju negara lain atau bisa dikatakan dengan ekspor. Menjadi seorang eksportir juga menjadi salah satu peluang usaha yang terlihat dengan jelas. Baik itu mendirikan perusahaan perorangan maupun kemitraan. Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan jika memiliki pelanggan yang rutin melakukan ekspor barang ataupun komoditas tertentu.

Dalam menjalankan bisnis ini anda membutuhkan ketelitian. Perhatikan kualitas barang ataupun komoditas yang akan diekspor. Dan selalu memonitor perkembangan peraturan yang berlaku. Hal ini perlu anda lakukan agar bisnis ekspor anda ini dapat berjalan dengan lancar dan legal.

Eksportir sendiri biasanya diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu eksportir produsen serta eksportir non produsen. Untuk eksportir produsen adalah perusahaan eksportir yang juga memproduksi barang. Sedangkan eksportir non produsen merupakan eksportir yang mengekspor barang atau komoditas dari perusahaan lain atau biasa disebut dengan eksportir umum.

Syarat Menjadi Eksportir

Untuk mendirikan bisnis ini, anda harus terdaftar secara resmi pada instansi pemerintah urusan perdagangan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hal ini dilakukan agar bisnis anda berjalan dengan legal. Sehingga nantinya tidak akan mengalami permasalahan hukum terkait hal ini. Adapun syarat lain yang perlu anda penuhi untuk menjalankan bisnis ini.

  1. Berbadan hukum. Seperti perusahaan atau organisasi lain yang membuktikan diri dengan legalitas yang sah berupa Firma, PT, CV, Persero, Perum, dan badan usaha lainnya. Bisnis anda juga harus memiliki badan hukum yang legal.
  2. Memiliki nomor wajib pajak. Bisnis ini mengenai proses ekspor, maka dari itu itu anda diwajibkan memiliki nomor wajib pajak. Sebab bisnis ini akan terkait dengan perpajakan.
  3. Memiliki izin. Dalam hal ini, izin yang dimaksud adalah Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang dikeluarkan oleh Dinas Perdagangan.

Menjalankan bisnis eksportir ini walaupun sedikit rumit namun keuntungan yang ada dapatkan juga cukup memuaskan. Yang terpenting anda berusaha dan bersungguh sungguh dalam menjalankannya.

tags: , , , ,
  • Bisnis Eksportir Menjanjikan, Inilah Persyaratan dan Cara Menjalankannya!