5 Renungan Sebelum Bisnis Anda Membutuhkan Freelancer

CategoryTips
Seen95 times

5 Renungan Sebelum Bisnis Anda Membutuhkan Freelancer

Kebutuhan tenaga kerja untuk bisnis atau perusahaan memang tidak pasti. Ada saat-saat ketika bisnis membutuhkan banyak tenaga kerja karena permintaan atau pesanan yang tinggi dan pada suatu hari tidak jarang tidak membutuhkan terlalu banyak pekerja karena kurangnya pesanan. Dari ini, banyak pengusaha menemukan dilema ketika merekrut pekerja tetap untuk perusahaan mereka. Untungnya ada pekerja lepas yang dapat Anda rekrut setiap saat tanpa kontrak kerja permanen atau kontrak waktu. Sekarang dengan tenaga kerja lepas ini, maka Anda bisa bebas mengatur beban atau anggaran pengeluaran perusahaan. Namun sebelum benar-benar merekrut freelancer, Anda perlu menerapkan langkah-langkah berikut ini agar apa yang Anda inginkan benar-benar tercapai secara optimal.

Identifikasi Kebutuhan Freelancer untuk Bisnis Anda

Pertama, langkah yang perlu Anda ambil sebelum merekrut freelancer adalah menyadari kebutuhan perusahaan akan freelancer. Meskipun lebih fleksibel dan akan membuat keuangan perusahaan lebih aman, freelancer yang bekerja di luar kantor membuat Anda juga harus memikirkan konsekuensinya. Karena, dengan bekerja di luar kantor mereka akan lebih sulit untuk Anda kendalikan. Komunikasi dengan freelancer ini juga akan sedikit lebih sulit karena Anda tidak bisa bertemu langsung. Selain berurusan dengan kelemahan pekerjaan freelancer, Anda juga perlu mengetahui permintaan atau pesanan yang datang di perusahaan. Jika memang pesanan yang datang setiap bulan tidak stabil maka freelancer mungkin menjadi solusi yang tepat. Tetapi jika pesanan yang masuk telah meningkat dengan mantap, maka merekrut karyawan tetap tidak akan mengganggu keuangan bisnis Anda.

Cari Freelancer di Tempat Tepercaya

Jika memang bisnis Anda membutuhkan freelancer, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencari freelancer yang berkualitas. Di mana saya dapat menemukan freelancer berkualitas ini? Seiring perkembangan teknologi, ada banyak tempat yang dapat Anda gunakan untuk mencari freelancer. Tetapi untuk bisa mendapatkan freelancer terbaik, Anda perlu menemukan platform tepercaya sebagai pasar freelancer. Jika Anda bingung, cari saja di Google, platform freelancer tepercaya untuk mendapatkan freelancer berkualitas.

Alokasikan Anggaran Untuk Freelancer

Selanjutnya, langkah yang perlu Anda ambil setelah mendapatkan freelancer berkualitas adalah mengalokasikan anggaran. Untuk poin ini Anda tidak harus menemui hambatan yang berarti. Karenanya, anggaran untuk freelancer ini akan lebih murah dan lebih fleksibel daripada merekrut pekerja tetap. Namun, Anda masih harus membuat anggaran. Apalagi jika Anda berencana untuk merekrut beberapa freelancer, maka anggaran ini perlu disiapkan agar keuangan perusahaan tetap terpantau dan dalam kondisi sehat.

 

Berikan reward dan Penghargaan di Akhir Proyek

Bahkan jika Anda sudah mendapatkan freelancer terbaik sesuai dengan versi google atau platform penyedia layanan, tetapi sebagai pemimpin proyek, Anda masih harus melakukan penilaian dan evaluasi. Jadi setelah proyek selesai freelancer, maka coba lihat dan lakukan penilaian. Jika memang Anda merasa masih ada sesuatu yang hilang, maka berikan masukan dan kesempatan kepada mereka untuk memperbaikinya. Tetapi jika proyek ini dijalankan dengan baik oleh seorang freelancer, maka tidak ada salahnya jika Anda memberikan penghargaan sehingga mereka merasa dihargai.

Bangun Hubungan yang Harmonis

langkah yang perlu Anda ambil untuk merekrut freelancer adalah membangun hubungan yang harmonis. Jika Anda cocok dengan freelancer yang Anda rekrut, maka Anda harus bisa membangun hubungan yang harmonis dengan mereka. Hubungan Anda dengan para freelancer ini tidak dapat dianggap remeh. Meskipun mereka bukan pekerja tetap di perusahaan Anda, mereka masih menjadi mitra bisnis Anda. Karena dengan dukungan mereka, bisnis Anda dapat berjalan sesuai keinginan. Jadi, bangun hubungan yang baik dan harmonis dengan pekerja lepas sehingga Anda masih mendapatkan dukungan yang baik untuk terus menjalankan bisnis yang mungkin memang masih dalam tahap perintis.

tags:
  • 5 Renungan Sebelum Bisnis Anda Membutuhkan Freelancer